slider

Recent

  • ()
  • ()
Show more
Powered by Blogger.

Popular Posts

Navigation

Selain Copy Paste, Ini Fitur Tersembunyi dari Keyboard Laptop

Kabartekno.online - Pada Keyboard bawaan laptop/PC terdapat banyak tombol-tombol pintasan yang sudah sering digunakan oleh banyak pengguna. Namun, mungkin tidak banyak orang yang tahu beberapa fitur tersembunyi lain yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Kali ini kabartekno akan berbagi trik sederhana untuk anda. 



Fitur-fitur tersebut dapat digunakan ketika beberapa masalah datang, misalnya ketika salah satu tombol hilang, mengunci layar atau membuat pintasab tab halaman.

1. Layar Terbalik


Terkadang beberapa teman hanya sekadar iseng mengerjai kita dengan memutarbalikkan layar laptop, sedangkan kita yang memang belum tahu caranya menjadi bingung bagaimana cara memperbaikinya. Tenang, tak akan ada masalah yang tidak bisa diatasi. 

Kamu bisa perbaiki masalah tersebut dengan cara tekan tombol Alt + Ctrl + tanda panah atas/bawah/kanan atau kiri.

2. Mengunci Layar Komputer

Fitur yang kedua yaitu fitur pengunci layar. Kamu tidak perlu membuka icon Windows, yang kamu butuhkan adalah tekan CTRL + Shift + Del + pilih Lock Screen/kunci layar. Atau jika masih terlalu repot, kamu tekan icon Windows bersamaan dengan tombol L.

3. Tutup Aplikasi Secara Langsung

Biasanya ini dilakukan ketika kamu sedang terburu-buru untuk meninggalkan laptop, sedangkan kamu sudah terlanjur membuka banyak aplikasi/tab. Untuk mengatasinya kamu tekan tombol Ctrl + W. Sedangkan untuk membukanya kembali kamu tekan Ctrl + Shift + T, maka aplikasi yang semula tertutup akan langsung terbuka lagi.

4. Mengatasi Macet/Hang

Masalah ini terjadi biasanya karena laptop terlalu banyak menanggung beban memory atau bisa juga kamu terlalu banyak membuka aplikasi hidup secara bersamaan. Cara mengatasinya kamu tidak perlu untuk mereset laptopmu, cukup Ctrl + Shift + Esc + /. Kamu juga bisa menggunakan Ctrl + Alt + Del sehingga akan muncul Task manager maka kamu pilih End Task.

5. Menghapus Satu Kata

Bagi kamu yang hobi menulis pasti sering terjadi kesalahan dan kamu harus segera menghapusnya. Untuk mempersingkat waktu maka tekan Ctrl + Backspace.

6. Memperbesar dan Memperkecil Tampilan (zoom)

Bagi yang mempunyai ketajaman mata normal mungkin tidak menjadi masalah ketika membaca tulisan dengan ukuran font kecil. Namun sebagian orang merasa terganggu dengan ukuran font yang terlalu kecil atau terlalu besar sehingga menggangu mata. Kamu bisa mengatasinya dengan Ctrl dan + untuk memperbesar atau Ctrl dan (-) untuk memperkecil.

7. Menambah Tab Pada Browser

Tanpa menggunakan fungsi Mouse, kamu juga bisa menambahkan tab baru pada browser. Caranya tekan Ctrl + T pada browser, makan secara otomastis tab baru akan terbuka.

8. Mengembalikan Tab yang Tertutup Secara Tidak Sengaja

Karena tidak tepat menge-klik, terkadang kita sengaja menaruhnya tepat pada tanda silang yang terdapat tab. Untuk mengembalikan Tab yang hilang tersebut makan yang perlu kamu lakukan adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + T, maka tab/halaman browser yang sudah hilang akan kembali lagi. 

9. Blok Satu Paragraf

Ketika kamu mau menandai satu paragraf kamu tidak perlu menarik mouse dari kata paling awal hingga kata paling akhir. Kamu hanya perlu menekan Ctrl + Shift + tanda panah kanan, kiri atau bawah. 

10. Blok Semua Tulisan

Jika cursor berada pada awal kalimat, maka tekan Shift + pg dn, jika crusor berada pada bagian paling bawah maka tekan Shift + pg up. 

11. Melihat Semua Aplikasi yang sedang dibuka

Coba cara ini, mungkin kamu baru tahu dan akan tertarik lagi untuk mencobanya, tekan tombol Windows + Tab. Trik ini bekerja pada windows 7, kemungkinan juga bekerja pada windows lain. Kamu bisa menekan secara terus menerus atau dengan cara ketukan per ketukan.

12. Copy Paste

Ini yang biasa dilakukan oleh para pencari sumber referensi, kamu cari sumber lalu klik kanan pilih copy dan mem-pastekannya pada halaman word baru. Sepertinya ada cara lain untuk mengakalinya, yaitu Ctrl + C untuk Copy, Ctrl + V untuk paste dan Ctrl + X untuk meng- cut.

Demikianlah beberapa trik tombol laptop yang jarang digunakan namun mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat. 


Share
Banner

Dream League Soccer Kits Team

Post A Comment:

0 comments: